21 Jun 2013

Guru Tipu-Tipu

Guru Tipu-Tipu
============

Saya pernah diajak teman ke salah seorang pelaku supranatural yang berprofesi sebagai penyembuh. Kata teman itu, ini guru sakti banget, pasiennya banyak dan banyak juga yang dari luar kota. Jarinya bisa mengeluarkan panas yang menyengat, kata teman saya. Karena penasaran dan butuh bukti, saya ikuti ajakan teman tersebut.

Guru itu alamatnya di daerah Bekasi dan mengunakan nama xxxx Bulan (nama disamarkan). Sampai di lokasi, saya lihat banyak mobil berderet2 dengan plat bermacam2, ada yang dari Bandung, Bogor dan Jakarta. Setelah mendaftar sebentar, saya mendapatkan nomor 72. Pasiennya lumayan ramai, kira2 ada sekitar 30 orang. Saya menunggu kira2 2 jam baru dapat giliran masuk ke kamar praktek. Sekali masuk kamar praktek ada 5 pasien, jadi kita bisa tahu bagaimana cara pengobatannya kepada pasien2 lain.

Pas giliran saya, saya disuruh membelakangi sang guru, sama seperti pasien2 yang lain. Ubun2 saya kemudian disentuh dengan jarinya, dan tiba2 ada rasa panas menyengat luar biasa pada ubun2 yang tersentuh jari tadi. Hebat, pikir saya, dan saya mulai menduga apa yang telah terjadi. Setelah selesai terapi kepada saya, saya masih perlu menunggu di ruangan itu untuk disiapkan obat2an herbal sekitar 10 macam, total harga yang harus saya bayar adalah 200.000.

Saya amati lagi bagaimana terapi sang guru terhadap orang berikutnya. Ternyata sebelum menyentuhkan telunjuknya ke ubun2, tangan sang guru itu masuk dulu ke dalam lengan baju sebelah kirinya, seolah2 sedang berdoa gitu. Hoila... akhirnya ketemu juga jawabannya. Yang membuat panas ubun2 saya itu adalah sejenis cairan yang dijual di pasar2 dengan harga 5.000 rupiah, saya lupa namanya, tapi itu adalah cairan yang biasa digunakan oleh dukun2 sebagai bagian dari tipu2 untuk membangkitkan kepercayaan kepadanya. Saya menduga kuat di bagian dalam baju sebelah kirinya itu ada semacam kapas atau kain kasa yang ditempelkan ke lengan dengan pelapis agar cairan itu tidak tembus ke kulit lengan. Pada waktu seolah2 berdoa itu telunjuk tangan kanannya menyentuh kapas itu untuk mendapatkan olesan baru dari cairan tadi.

Setelah keluar dari ruangan saya sentuh kembali ubun2 saya dan saya cium baunya... tenyata baunya juga sama persis dengan cairan yang pernah saya peroleh dari teman itu. 
 
 Mizwan Machyuddin: just sharing, dulu waktu anak saya masih umur 10 bulan, kena penyakit setiap malam pasti ga bisa tidur.., nangis ..aja,lantas kecapean nangis jatuh tertidur lg, tapi ga sampe semenit terbangun lg dan nangis lg, itu sempat dirawat jalan ke dokter sampe dgn sekitar 2 bulanan sampe akhir nya putus asa karena ga sembuh2 jg, istri saya memutuskan menghentikan pengobatan ke dokter dan ingin mencoba ke alternatif 'paranormal', ... saya saat itu sangat skeptis dan tidak mengizinkan tindakan ini, rupanya sore itu ( saya masih di kantor ) diam2 istri membawa sang anak ke tempat praktek ibu2 tua itu yg tinggal di sebuah kampung kecil.Pulang dari kantor saya melihat sang anak sdh memakai kalung benang hitam dilehernya dan saya tertawakan krn saat itu ga percaya hal2 yg beginian. Malam nya anak saya itu tidur nyenyak tanpa ada gangguan , demikian pula malam2 berikut nya, berjalan nya hari sampai satu bulan gangguan terhadap anak saya itu hilang sama sekali, tidur nya normal dan berat badan nya pun naik. Karena saya anggap anak saya sdh sembuh total , kalung benang hitam itu diam2 saya lepaskan dan saya buang. Cerita punya cerita saya tanya ke istri bgmn prose pengobatan itu dilakukan ?. Istri saya cerita bahwa di tempat si Ibu yg mengobatin itu, si Ibu mengambil janur kelapa, mengukur janur ke badan anak, kemudian mengurut janur itu sambil berdo'a, sdh itu istri dan anak saya pulang dengan dipakai kan kalung benang di leher nya. Disinilah saya mulai mempercayai ,apakah ini yg di sebut 'Metafisika' ? mohon ulasan mz Lambang MH, dan tmn2 lain yg prnh mengalami hal yg similar. thnx...
 
 Lambang MH: Mas Mizwan Machyuddin, di sekitar kita ini banyak terjadi fenomena2 metafisika yang masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Mau ditelitipun tidak ada alat2 yang bisa digunakan. Perkembangan teknologi memang tidak diarahkan untuk meneliti hal2 seperti itu. Karena sulit dibuktikan itu akhirnya memberikan peluang kepada para penipu untuk memanfaatkan dogma / kepercayaan / sugesti dari calon2 pasiennya.

Pengobatan dengan pil bohongan (placebo) terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit ringan meskipun jarang terdengar itu bisa menyembuhkan kanker stadium empat. Pada beberapa kasus kanker berat bisa sembuh dengan self healing yang cukup intens.

Dalam rangka untuk membuktikan bahwa fenomena2 metafisika itu memang ada, sengaja saya bentuk group bernama Mind Power Group dan Intention Experiment Group, yang tujuannya untuk membangkitkan kepercayaan pada diri sendiri bahwa kekuatan pikiran itu bisa mempengaruhi hal2 yang fisik.

Hidup ini isinya trial dan error. Kalau tidak pernah mencoba bagaimana bisa memahami hal2 yang dulunya dianggap tahyul dan irrasional.

Sampai saat ini banyak hal2 di alam ini yang diterima begitu saja oleh para ilmuwan walaupun sama sekali tidak ada penjelasannya. Contohnya adalah gravitasi, quantum entanglement dan synchronicity. Karena bisa diperoleh bukti2 empirisnya dan replicable, maka itu dianggap hal2 yang sudah proven dan ilmiah.

Seandainya pengobatan dengan janur kelapa itu diteliti dan bisa diperoleh bukti2 empirisnya secara berulang2, hal itu tetap saja tidak bisa disebut ilmiah karena tidak replicable, artinya bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan menggunakan prosedur yang sama. Karena tidak replicable, akhirnya fenomena2 metafisika semacam itu tidak menarik lagi untuk diteliti dan dibiarkan tetap sebagai misteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar