1 Jun 2013

Kapitalisme

Kapitalisme mungkin didorong oleh sikap hidup hemat dan rasional di masyarakat beragama Protestan. Revolusi Industri mungkin benar dimulai di Inggris. Tetapi industrialisasi dan kapitalisme telah mewabah di satu dunia yg termehek-mehek tidak mengerti. Bingung dan tersendat karena tidak pernah mengalami pergumulan intelektual dan emosional. Perjuangan spiritual lewat perang agama dan diskriminasi. Semuanya pernah dialami oleh masyarakat Barat, baik yg Protestan maupun Katolik. Makanya mereka kebanyakan sekuler sekarang.

Sudah kapok beybeh!

Indonesia belum. Banyak eksponen masyarakat Indonesia yg ingin masuk menjadi pemegang ranking ekonomi dunia lewat jalan agama. Kalau Kristen bisa membawa masyarakat adil makmur dimana-mana, maka agama lainnya so pasti bisa juga. Itu jalan pikirannya. Mungkin benar. Mungkin pula tidak benar. Yg jelas, biaya yg dibayar mahal sekali. Membawa agama untuk ikut industrialisasi sangat melelahkan. Orang harus mempertahankan kepercayaan yg tidak bisa dipertahankan. Sedangkan membangun pabrik dan menerapkan manajemen rasional tidak memerlukan kepercayaan. Cukup metode ilmiah. Dan kejiwaan yg sehat. Tanpa tekan-menekan sebagai ciri khas masyarakat Indonesia.

Yg unik di Indonesia adalah fenomena gereja-gereja etnik. Memang disiapkan oleh para penginjil dari Barat untuk independen dan tidak mengabdi kepada negara asal. Kristen, baik dari jenis Protestan maupun Katolik selalu menekankan local content. Muatan lokal. Menjadi seperti itu lewat pengalaman juga, ratusan tahun melewati konflik tak berkesudahan di Eropa dan dimana-mana. Perang agama membuat manusia jadi bijaksana. Kehilangan kesempatan masuk ke Cina karena keras kepala mengakibatkan gereja Katolik Roma sekarang menjadi toleran terhadap dupa dan upacara manggut-manggut di depan meja altar leluhur orang Cina. Dulu tidak. Dulu kalau mau jadi Katolik harus buang itu tradisi. Akibatnya kesempatan emas hilang lenyap.

Opportunity only knocks once.

Kesempatan cuma mengetuk satu kali saja.

Fenomena gereja-gereja protestan yg sangat individual itu mungkin mencerminkan etika Protestan, yaitu
sikap independen terhadap otoritas. Kenapa? Karena protestan gampang sekali bikin denominasi baru.
Kalau anda seorang pendeta yg tidak puas dengan organisasi gereja anda sekarang, maka anda bisa
memisahkan diri. Bersama pengikut anda, anda bisa mendirikan denominasi baru. Nama gereja yg baru.
Bisa bikin jemaat baru, organisasi baru, dsb. Protestan tidak pernah meributkan yg begituan. Kalau mau
berpisah, ya berpisahlah, jalan masing-masing.

And yes, Kristen bermacam-macam, dari yg paling konservatif sampai yg paling liberal. Kristen tidak
kenal praktek kafir-mengkafirkan, dan paling jauh cuma pakai istilah sesat. Di luar verbal abuse seperti
perkataan sesat itu, Kristen boleh bilang sudah menyerahkan segalanya kepada individu masing-masing.
Keputusan dibuat oleh para individu. Bahkan mungkin kata sesat tidak sekerap itu lagi digunakan. Lebih umum dikenal istilah sekte. Sekte artinya pecahan. Bukan berarti tidak berhak hidup. Apapun pilihan yg diambil, orang tetap bisa hidup. Sekte apapun merupakan urusan orang.

Pendeta dan para imam bisa khotbah sampai serak, tapi keputusan tetap di tangan tiap orang. Tidak ada syariat yg harus dipatuhi, selain seruan agar memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Kalau ingin disayang, maka kita harus sayang sama orang lain.

Tangan Joko jalan sendiri sekarang. I am now doing automatic writing. Ya benar, teologi pembebasan yg
dulu haram jadah sekarang mungkin telah menjadi mainstream. Kalau dengar atau baca khotbah para romo Katolik, kita akan langsung tahu bahwa latar belakang pemikirannya adalah teologi pembebasan. Tidak totok tapi sudah sinthesis. Campuran. Yg ditekankan adalah karya nyata membantu orang miskin agar bisa keluar dari kemiskinan mereka. Protestan juga seperti itu. Yg masih mementingkan iman cuma aliran-aliran Kristen injili seperti Pentakosta. Pedahal mungkin ajarannya tidak benar-benar berdasarkan injil. Mana ada injil yg mengajarkan menarik 10% dari penghasilan orang dengan alasan buat Allah?

Pentakosta dan berbagai Kristen emosional lainnya umumnya berasal dari AS. Relatif baru. Masih berapi-api untuk memenangkan jiwa-jiwa bagi Yesus. Kalau tidak dimenangkan bagi Yesus maka akan jatuh ke tangan Setan. Kurang lebih seperti itu jalan pemikirannya.

Katolik dan Protestan yg dewasa tidak seperti itu. Mereka tahu bahwa agama cuma jalan spiritual. Ada dogma. Tetapi dogma atau ajaran yg tidak boleh dipertanyakan juga tidak muncul begitu saja. Dogma dibuat. Dibuatnya berdasarkan ayat-ayat. Pada gilirannya, ayat-ayat juga dibuat. Dibuat oleh manusia yg memiliki pengalaman spiritual. Bergumul dengan dirinya sendiri, dan bayangannya yg disebut Allah.

Cuma tentang sang diri dan teman dialognya yg dinamakan Allah.

Antara Ego dan Allah.

(Joko T.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar