31 Jul 2013

Antara Dajjal, Lesbian dan Allah

Orang kafir adalah yg suka menggunakan kata Dajjal untuk menyebut orang lain. Kalau anda belum pernah menyebut orang lain sebagai Dajjal, maka anda belum kafir. Anda masih beriman. Kalau sudah pernah, maka andalah kafir sesungguhnya. Kalau anda beriman, anda tidak akan berani menyebut orang lain Dajjal. Untuk anda ketahui, nama lengkap tokoh fiktif ini adalah Al-Masih Dajjal, merupakan copas dari kepercayaan Kristen juga. Di Kekristenan namanya Antikristus, atau Antichrist dalam bahasa Inggris. Awalnya digunakan orang Kristen untuk merujuk kepada kekaisaran Romawi yg mendzolimi mereka. Kata Antikristus digunakan oleh Martin Luther, pemrakarsa Reformasi Gereja, untuk menyebut Paus Katolik di Roma. Dulu, ratusan tahun lalu.

Sekarang umumnya orang Protestan tidak lagi pakai kata Antikristus atau Al-Masih Dajjal itu. Yg masih doyan pakai itu kata cuma sebagian Kristen, yaitu yg masuk golongan fundamentalis atau percaya mutlak wahyu.

Joko Tingtong masih terima konsultasi terus tiap hari, lewat email dan inbox di facebook. Seperti yg berikut:

T = Nama saya Amelia pak, umur saya 19 tahun. Lahir 20 Juni 1994. Papah saya sudah lama meninggal sejak saya kelas 1 SD, lalu mamah saya menikah lagi dan punya anak dengan suaminya. Saya deket sama bude saya sejak kecil. Saya masuk SMA di Semarang, sekolah khusus perempuan. Nah tahun ketiga mulai ada hal besar yang masuk ke kehidupan saya. Begini ceritanya pak.

Ada pertandingan persahabatan di sekolah kami, tim basket yang diundang adalah tim basket dari SMA di Bandung. Kapten basketnya memiliki nomor punggung 3, namanya Lucia. Bapak tau kan sekolah saya cewek semua, nah anak-anak sekolah saya itu paling heboh liat cewek yang istilahnya ganteng gitu pak kayak cowok. Nah Lucia ini penampilannya seperti cowok, dia chinese, rambutnya cepak, badannya juga seperti laki-laki pak. Saat itu seluruh anak sekolah saya heboh, naksir sama dia, sampai-sampai minta disalami sama dia pak. Saya waktu itu nganggep dia biasa saja pak, gak ada rasa tertarik sama sekali. Nah tapi gak tau kenapa mata saya gak mau lepas dari dia, pinginnya ngeliatin terus, dan saat itu saya seperti dapat bisikan:

"Mel, besok pasti kamu kenal sama orang ini" gitu pak.

Saya add facebooknya Lucia, langsung di-confirm pak. Lalu dia nge-chat saya, berlangsung ke tukar no hp. Nah ini adalah haru dimana saya mulai berhubungan baik dengan dia, dan saya belum tau maksud serta latar belakang dia pak. Selama bulan Agustus kami rutin sms-an, beberapa hari kemudian saya merasa ada yang aneh sama sikap dan bahasanya dia yang layaknya seorang laki-laki memberi perhatian pada perempuan pak. Saya sih masih nganggep biasa waktu itu. Sampai pada akhirnya bulan September dia telpon saya, dia bilang dia sayang sama saya gitu pak, trus cerita dia ternyata punya pacar cewek. Anehnya pak waktu saya intai facebooknya, ternyata dia juga 'nyambi' pacaran sama cowok pak. Nah saya bingung ini anak lesbi apa gimana gitu pak, ha kok pacaran dobel-dobel gitu.
Nah 15 Oktober mantannya dia yang cewek namanya Silvya kan ultah pak. Jujur pak untuk pertama kalinya saya merasa cemburu banget, kenapa Lucia sampek ngasih surprise ke rumahnya dan gak sms saya pak. Setelah bulan November kami makin dekat hubungannya, dia kasih perhatian sama saya tiap hari pak. Saya mulai nyaman dan terbiasa dengan perhatiannya dia yang bikin saya gak bisa nolak.
Awal Desember saya modal nekat ke Bandung, dia minta saya nonton dia tanding basket di GOR, dan untuk pertama kalinya saya liat dia dari deket, liat dia main basket, liat dia duduk di sebelah saya, senyum sama saya, mboncengin naik motor, nemeni saya makan. Waktu itu saya ngerasa jadi orang yang paling diperhatikan, ayam saya disuirin sama dia, dia bawa saya ke rumahnya, kenalan sama ciciknya, maminya, sama adiknya namanya Michael, papinya waktu itu lagi ke luar kota pak.
Setelah pulang Semarang saya nangis seminggu, saya nyesel dan gak tau kenapa ngerasa bersalah sama dia. Dia punya latar belakang keluarga yang gak bagus juga pak.
Dia anak kedua. Mami kandungnya meninggal karena kecelakaan waktu dia kelas 3 SD. Di antara ketiga anak, cuma dia yg paling ditelantarkan dan gak disayang, apalagi papinya nikah sama perempuan yang 13 tahun lebih muda, mami tirinya jahat sama 3 anak itu, apalagi sama Lucia. Lucia yg paling jarang dibeliin baju sama macem-macem, paling gak disayang, dan waktu mami kandungnya hamil Lucia, maminya pengen anak cowok, eh yang keluar malah perempuan, nah makanya kelakuannya jadi seperti laki-laki pak. Waktu bayi juga dia sempat mau dibuang. Hubungannya sama mami tiri juga gak baik, keluarga itu sering gelut, pake kekerasan juga sampek dia akhirnya gak boleh kuliah pak, disuruh kerja di toko motor mereka, sampek kalo lagi pada tengkar pasti Lucia pernah mau dilempar piring gitu pak. Nah karena itu dia butuh sosok seorang ibu yang bisa perhatian sama dia pak, karena itu dia ndeketi saya. Saya kebetulan juga butuh sosok ayah yg selama ini gak saya punya. Mamah sama suaminya jg bertengkar terus bikin saya trauma.
Januari 2012, pertama kali saya nginep di hotel Bandung sama Lucia, disini kami ngeresmiin hubungan pak, kita akhirnya mulai pacaran, walaupun hitungannya mulai Agustus sejak tanggal ketemuan pertama. Bulan Januari Febuari Maret kami pacarannya lancar disambi sekolah, UAN juga pak. Saya juga sibuk ngurus daftar ke Undip. Kami diem-diem pacaran tanpa ada orang yang tau pak.

Mei 2012
, Lucia dateng ke Semarang, hubungan kami tambah kuat tambah deket pak. Agustus 2012, ini anniversary yang pertama, tahun pertama pacaran sama Lucia. Saya ke Bandung dijemput di stasiun, terus nginep juga. Bulan September kami ketemuan dua kali, bulan Oktober ketemu, November ketemu. Natal ketemu, jalan-jalan juga trs main di rumahnya di tokonya, saya juga main deket sama keluarganya.

Januari
2013 saya ketemu, Febuari tanggal 14 waktu Valentine juga ketemu. Maret ketemu, saya nginep di rumahnya. April juga ketemu. April saya ke semarang ngurus surat magang saya, dia minta saya magang di Bandung dua bulan sampai Mei; dia dateng ke Semarang untuk kedua kalinya, nginep, jalan-jalan, ke mana-mana berdua. Bulan Juni nggak ketemu, kita berantem terus, hubungan kita mulai gak baik, gelut terus tiap hari. Juli 2013, anniversary kedua saya dateng naik mobil pickup bawa motor dan semua barang saya, saya pindah ke Bandung, dia cariin saya kos yang hanya berjarak satu gang dari gang rumahnya, yang punya kos itu sodara mami tirinya. Satu minggu berlalu di semarang, sikap dia agak aneh sama saya. Hari Kamis, Maminya marah sama saya dan Lucia, kenapa Lucia nganter jemput saya terus.

Semuanya berakhir hari itu pak, jam 8:44 dia masih telpon saya, dia bilang mau jemput saya ke kos. Jam 11 dia sms saya kalo maminya baca sms kami semuanya, dan akhirnya semua kebongkar. Saya dateng ke rumahnya, maminya marah sama saya, maki-maki saya dan ngusir saya dari kos, Lucia diem saja malah ikut ngusir saya buat pindah kos.

Saya tahu pak hubungan ini gak wajar, dosa, melanggar norma, tapi apa semua ini salah saya? Salah Lucia?

Kita lupain dulu masalah dia yang perempuan itu, sekarang hidup saya kayak udah hancur pak. Saya kecewa, sakit. Perjuangan saya dua tahun kenapa tiba-tiba harus pisah dengan cara seperti ini? Dari awal saya pacaran sama Lucia kami memang sudah komitmen, kami janji mau pisah baik, dia juga bilang pesen sama saya supaya cari suami nanti yang baik ya. Jadi intinya kami itu sadar dan tahu betul kami gak akan bisa sama-sama, kami hanya saling support selama kami pacaran, dan bahkan saya yang sering minta putus, karena dia sibuk, tapi dia yg nangis dan gak mau putus.

Dua tahun lebih delapan hari ini saya gak pernah ngelewatin satu hari aja tanpa dia, rutinitas saya tiap hari cuma buat mikir dia, pagi jam 8 dia telpon, siang jam 1 telpon, jam 3 telpon, jam 6 telpon, malem sebelum tidur dia ngeloni saya, nina-boboin saya, dongengin saya sampai saya tidur.

Semua hal-hal sekecil apapun dari hidup saya dia yg urus, dia yg ngingetin saya makan, minum, dia kasih semua perhatiannya, dia memperlakukan saya kayak anak umur lima tahun waktu di tangannya, kalo haus dia yg bukain Aqua, saya laper dia yg suapin saya, saya kedinginan dia yg rajin matiin AC, sampai gak tidur buat nge-cek badan saya panas apa gak.

Semua barang-barang di kos dia yg beliin, semua sandal sepatu baju cardigan, boneka, alat tulis bahkan sampai keperluan bulanan kayak jus Buavita, gula pasir, kecap, saos, jajanan sampai sapu ember seblak dia yang beliin. Saya juga beliin dia baju, kemeja, sepatu, celana, dompet, karena dia aja baju cuma dikit pak, kakak sama adiknya dibeliin tapi dia enggak. Saya yg menuhin kebutuhan dia juga.

Dia juga selalu bilang 'aku mau hasil keringetku kamu yg nikmatin' gitu pak, dia kirimin saya uang katanya biar di kos Jogja saya gak ngirit makan. Dua tahun pacaran saya yg aktif datengi dia, karena dia keluar rumah aja ijin sama mami papinya susah banget karena harus jaga toko. Tiap malem saya tunggu dia sampai jam 11 malem, bahkan sering sampai subuh, karena dia sibuk dan kadang punya masalah keluarganya.

Yang bikin saya belum ikhlas ngelepas dia, itu karna banyak yg aneh pak. Waktu kejadian ketahuan maminya, dia bohong sama saya, dia bilang lagi di gereja, ternyata dia ada di rumah.
Hari minggu saya cari kos baru, lalu ketemu sama tante kos yg sodara maminya untuk minta uang supaya dikembalikan karena baru ngekos selama seminggu. Nah saat itu dia bilang Lucia sudah pelepasan, kan agamanya Kristen pak. Saat itu tantenya kayak nyalahin saya dengan adanya kejadian ini, nuduh saya dikira saya juga pernah berhubungan sama cewek lain selain Lucia, padahal jelas Lucia yang bawa saya masuk ke hidupnya dia.

Kemarin bude saya telpon tante kos, tante kos cerita katanya Lucia setelah pelepasan ditanyain 'yg minta Amelia pindah Bandung itu Amelia apa kamu Lucia?

Terus Lucia juga nunjukin sikap yg bener-bener beda dari saya. tante bilang Lucia sama sekali gak nangis, hapenya juga dikasihin maminya, dia nurut apa kata maminya, Lucia juga gak belain saya waktu saya dimaki-maki sama maminya. Nah ini bikin saya makin dipojokin dari pihak keluarga Lucia, dikira saya juga morotin Lucia selama ini.

Itu bikin saya timbul banyak pertanyaan, kenapa Lucia gampang banget ngelepas saya, padahal dia baru jumat kemarin bilang gak akan ninggalin saya, gak akan kalah sama maminya. Kenapa dia buang saya padahal saya pindah ke Semarang demi dia, tapi dia ikut usir saya gak bela saya, sampai saya cari kos gak nemu-nemu, sampai ada ibu-ibu kasian sama saya nawarin saya tinggal di rumahnya, saya hujan-hujan kebanjiran juga nyari-nyari kos. Saya sakitnya kenapa setelah dia bawa masuk saya jauh ke lubang dia, kenapa dia juga yang buang saya? Saya tau pak sikap dia, watak dia. saya yang baru kenal dia dua tahun lebih delapan hari bahkan lebih kenal siapa dia ketimbang keluarganya yang hidup 19 tahun satu atap sama dia. Dia itu pengecut, penakut, dia bakal jadi orang lain begitu dimarahin mami tirinya, dia bakal jadi dingin kalo badannya dan hatinya lagi capek, dia bakal jadi keras kalo dia udah sibuk dan dia selalu gak percaya sama dirinya sendiri.
Saya bingung apa sikapnya yang sekarang ini cuma buat bikin saya benci dia atau memang dia ingin pisah dari saya. Sampai hari inipun dia gak usaha tanya kabar saya, akses saya ditutup. Facebook diremove, foto-foto dihapus. Tapi saya masih bisa berhubungan sama tukangnya dia di toko, tukangnya bilang Lucia sekarang ngelamun terus gitu.

Saya bener-bener penasaran sebenernya ada apa gitu pak, dia juga ngaku sama tante kos kalo sebelum ada kejadian itu dia malemnya dapet mimpi kalo bakal kebongkar semuanya, jadi dia kayak dapet firasat duluan, tapi kenapa gak mau bilang sama saya?

Saya sekarang aja udah 5 hari gak bisa makan, gak bisa tidur. Tiap mau merem bayangan dia dateng terus. Sekarang saya juga sakit, saya ngetik ini aja badan saya lemes pak, saya nyambi tiduran dari tadi. Kebiasaan ada dia, ada yg bunyiin hp saya tiap hari tiba-tiba hilang, bikin saya shock berat. Saya stress, dan gak ada yang ngerti perasaan saya. Saya tau kok hubungan yg terlarang ini, tapi coba tolong pak liat dari hati saya juga, walaupun saya pacaran dengan perempuan tapi saya juga tetep perempuan kan yang pake perasaan. Orang selalu nanggapi dan dilihat dari aspek 'dosa dan salah' nya yg pacaran dengan cewek, tapi mereka lupa sama hati saya yang juga sakit.

Hal-hal kecil saja saya bergantung sama dia, sekarang dia buang saya gitu aja. Saya akan ikhlas dan rela pisah ngelepas dia kalau semua ini ada penjelsan dan pisah baik-baik pak, saya datang ke rumahnya semata-mata bukan hanya karena saya sayang sama dia aja, tapi saya terlanjur sayang juga sama ciciknya, adiknya, sama keluarganya, mereka sudah jadi bagian dari hidup saya. Saya rela dimaki-maki maminya yg penting Lucia gak kena marah, yg penting Lucia seneg saya udah seneng pak, tapi saya juga butuh penjelasan kan?

Setelah dua tahun saya kasih semua tenaga pikiran hati uang saya waktu semua saya lakuin buat dia, sekarang saya kehilangan sebagian diri saya, dunia saya kayak gelap, tiap saya nafas aja bau badannya yang lewat, tiap saya ngalihin pikiran bayangan dia yg dateng. Saya selama ini tulus sayang banget sama dia, saya bahkan bela dia di depan mamah saya, saya selalu angkat namanya selama ini, saya cuma pingin semua orang respek sama dia. Kalo akhirnya kayak gini saya gak kuat pak bangun sendirian, kebiasaan ada dia terus sekarang saya gak ada siapa-siapa. Saya bingung harus gimana.

Padahal selama ini siapa yg sampai seperhatian itu sama saya ya cuma dia, semua kesenengan saya dia tahu, dia beliin, dia penuhin, dia kasih dengan usahanya, kerja kerasnya di toko. Dia yang bener-bener jaga saya kayak anak kecil, manjain saya, kasih saya semangat tiap hari karena saya masuk Undip terpaksa, cuma mau nyenengin mamah saya, padahal saya gak cocok sama anak-anaknya. Tapi dia yang motivasi saya. Dia yg bikin saya semangat bagun pagi tiap hari, dia yang bikin saya semangat nyelesain hari-hari saya karena ada hari-hari dimana saya tunggu-tunggu, hari pertemuan-pertemuannya kita selanjutnya. Sekarang siapa yg mau saya tunggu, hari apa yg saya tunggu? Gak ada pak. udah ilang semua.

Saya gak tau harus gimana buat bangun pak, saya bingung banyak banget pertanyaan di pikiran saya. Saya juga khawatir sama dia. Saya tau kok ini dosa, hubungan kami dosa, saya juga tau ini gak mungkin tapi saya cuma butuh kejelasan paling enggak janjinya untuk pisah baik-baik itu bisa kewujud sekarang. Toh ya kami sama-sama tahu masa depan kami itu ya nanti sendiri-sendiri. Jujur saya kaget, masih kayak mimpi pak, saya gak kuat kalo kayak gini.
J = Terimakasih sudah berbagi. Saya bisa merasakan apa yg anda rasakan. Inilah hidup. Realita dan bukan di awang-awang. Saran saya, anda diam saja, dan terima bahwa segalanya adalah pelajaran. Pelajaran yg anda terima dari alam, tanpa perlu bilang dosa. Menurut saya mencintai bukanlah dosa. Yg dosa adalah tidak mencintai. Kalau anda tidak mencintai diri anda, sehingga lupa makan, lupa berpikir waras, lupa masa depan dan masa kini, maka itulah dosa. Kita tidak bicara tentang Tuhan-tuhanan disini, kita bicara tentang hubungan antar manusia. Ada yg namanya manipulasi, ada yg namanya permainan peran, ada yg namanya perasaan puas, ada yg namanya tidak puas. Ada yg namanya keinginan terpenuhi, ada yg namanya keinginan terpendam. Ada pula keinginan yg cuma jadi keinginan saja.

Lesbianisme bukan penyakit. Kalau anda sakit, maka itu bukanlah karena lesbianisme. Anda sakit karena dibuat sakit oleh lingkungan. Kalau anda sudah sadari itu, berusahalah untuk sehat. Tidak perlu cari kompensasi, melainkan sebaiknya sehatkanlah diri anda sendiri. Nikmati diri anda menjadi sehat dan mencintai diri sendiri.

Hukum yg pertama: cintailah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, akal budimu, pikiranmu. Hukum yg kedua: cintailah sesamamu manusia seperti engkau mencintai dirimu sendiri. Arti dari kedua hukum yg utama ini cuma satu, yaitu anda tidak bisa mencintai Tuhan dan sesama kalau anda tidak mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Kalau anda mencintai diri anda sendiri, barulah anda bisa mencintai Tuhan, dan setelah itu baru mencintai sesama. Allah itu simbolik, simbol dari diri anda sendiri.
 
 
(Leonardo Rimba)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar