21 Sep 2013

Si Burung Kun Fayakun

Anda jangan main-main dengan logo Komunitas Spiritual Indonesia yg sakral, namanya Siburung-burung. Beberapa tahun lalu, ketika kita sarasehan di Jakarta, ada seorang teman yg begitu stress di tempat kerjanya sehingga mengambil satu spanduk dengan logo kita, lalu ditulisin berbagai mantera. Penuh tulisan sehingga akhirnya spanduk itu tidak bisa dipakai lagi. Selama satu tahun berikutnya, teman itu jatuh habis-habisan. Nganggur, stress berat, belajar bertemu Allah yg sesungguhnya. Ketika cobaan itu selesai, teman kita ini diterima bekerja di perusahaan Amerika, dikirim ke Las Vegas, dan sekarang naik mobil Mercedes keluaran terakhir. Perlu waktu satu tahun setelah mantera anda tuliskan di atas lambang kita ini. Kalau anda beriman, pasti jadilah. Itulah yg saya namakan kun fayakun.

Ide pembuatan logo kita diajukan oleh Ika Sari Puspita, eksekusi oleh seorang disainer profesional, Jesse Prakasa Rotinsulu. Ada beberapa pilihan yg diajukan. Members kita voting saat itu. Setelah direvisi berkali-kali jadilah. Merupakan simbol dari burung hong atau phoenix yg tidak pernah menjejak bumi. Sejak lahir sampai mati terbang terus, makanya tidak punya kaki. Siburung-burung tidak punya kaki. Ketika saatnya mati, maka Siburung-burung akan menceburkan diri ke kobaran api. Kobaran api berwarna kuning bisa terlihat di logo kita. Dari kobaran api itu lahirlah Siburung-burung yg baru. Untuk lahir baru anda harus mati dulu. Itu pelajaran spiritualnya. Pelajaran spiritual dari burung hong dalam legenda Cina. Atau burung phoenix dalam legenda Barat. Mati secara spiritual adalah ketika kita meninggalkan segala macam kepercayaan yg diberikan kepada kita dengan sungguh-sungguh ketika kita kecil. Tapi kita bertambah besar. Dan karena kepercayaan adalah baju, maka baju itu sobek ketika kita menginjak usia 17 tahun. Baju kita sobek sejak kita akil baliq atau mengalami goncangan kejiwaan karena hormon sex kita meningkat deras dan kita ingin berhubungan. Orang bilang kita ingin berhubungan intim. Pedahal bukan itulah sebenarnya yg kita cari.

Keintiman hanya sesaat, sedangkan pengertian bisa berlaku bersaat-saat. Ada saat kita intim, dan ada saat kita renggang. Ada saat kita bertemu baju baru. Ada saat baju baru menjadi baju lama. Usang, sobek dan terpaksa dibuang. Untuk sementara kita tidak pakai baju. Tapi tetap pakai celana. Baju untuk bagian atas. Celana untuk bagian bawah. Jangan terbalik.

Dan berikut percakapan pelengkapnya.

T = Dear Pak Leonardo, perkenalkan nama saya X. Tulisan bapak banyak menginspirasi saya, dari forum Spiritual Indonesia, buku dan barusan majalah Tarot Journey. Saya direferensikan oleh Rendy Fudoh. Pernah saya bermimpi bisa punya kesempatan menanyakan beberapa hal tentang kehidupan saya ke bapak. Ternyata bisa tercapai juga berkomunikasi dengan bapak. Tulisan dan jawaban dari penokohan Joko Tingtong di majalah Tarot Journey barusan jadi lebih menginspirasi saya lagi. Apakah saya boleh menanyakan beberapa hal ke bapak?

J = Boleh.

T = Terima kasih banyak atas kesempatan yg telah diberikan kepada saya. Nama lengkap saya XYZ, perempuan, usia 35 tahun. Pertanyaan saya: Saya ingin tahu jika reinkarnasi itu memang terjadi.

J = Anda bertanya apakah reinkarnasi itu memang terjadi. Saya cabutkan tiga kartu untuk anda:

XIII. Death – Ace of Swords – XVIII. The Moon

Artinya: bagi anda reinkarnasi itu memang terjadi.

T = Apakah saya di kehidupan sebelumnya?

J = Kembali tiga kartu saya cabutkan:

IV. The Emperor – 8 of Cups – 4 of Wands

Dan kata yg muncul di kepala saya adalah dukun yg sukses.

T = Apakah ada karma yg belum terselesaikan?

J = Kartu yg muncul:

7 of Pentacles – XIV. Temperance – VIII. Strength

Artinya tidak.

T = Apakah ada solusinya?
 
J = Kartu yg muncul:

6 of Cups – 9 of Wands – XI. Justice

Artinya solusi ada apabila anda mau bertindak tegas menggunakan kemampuan rasional untuk memutuskan apa yg pantas. Kalau anda lebay mengingat masa lalu, maka solusi akan hilang; dan sudah terbukti karena itulah yg anda jalani sampai saat sebelum ini.

T = Dari kecil saya selalu dianggap berbeda oleh lingkungan saya. Bahkan hingga hari ini saya tidak mengerti, kenapa ibu saya memperlakukan saya berbeda dari saudara saya yg lain. Saya selalu dianggap anak durhaka, gagal, tidak sukses, beban orang tua, dll. Untuk pekerjaan pun saya selalu ada saja kendala, tidak pernah menetap di satu tempat dalam waktu lama (lebih dari tiga tahun). Kendala-kendala itu selalu datang dari wanita dan boss pria yg suka main cewek atau bertingkah seperti wanita :) Sungguh saya ingin sukses di karir, finansial dan cinta. Desperately find a way to cut off the core of negative energy from my mom and family.
 
J = Amin.

T = Untuk love life saya, selama ini biasanya saya selalu mendapat orang Indonesia tulen. Tetapi sejak berpisah dari yg terakhir, entah kenapa saya menjadi fans berat pria oriental. Apakah memang ini menjadi jalan hidup saya? Mengingat secara culture, mereka sangat kuat. Saat ini saya punya teman dekat pria dari ras Cina, saya pikir dia cukup moderat tetapi tetap ujung-ujungnya, dia belum berani mendobrak tradisi keluarga.

J = Anda bertanya apakah ini jalan hidup anda. Kartu yg tercabut:

5 of Pentacles – Page of Pentacles – Page of Cups

Artinya tidak, sama sekali bukan jalan hidup anda seperti itu.  

T = Saya ingin keluar dari siklus ini. Saya sudah bingung harus bagaimana lagi.

J = Anda bertanya bagaimana caranya harus keluar dari siklus ini. Kartu yg tercabut:

5 of Wands – 10 of Pentacles – King of Swords

Artinya kekuatan emosi. Rupanya anda sudah menggunakan segala macam cara kecuali satu, yaitu emosi atau perasaan. Simbolnya air, dan itu tidak terlihat di pembacaan kartu. Anda bisa menggunakan segala macam daya yg tersisa: materi, tenaga fisik, dan niat mengambil keputusan. Tetapi tetap saja ada satu hal yg kekuatannya anda tidak mau gunakan, yaitu perasaan. Anda tetap melekat secara emosional dengan hal-hal yg bisa anda putuskan secara rasional. Walaupun secara rasional anda putuskan, secara emosional anda tetap melekat karena power anda ada di perasaan. Itu saya lihat disini. Jadi, jawaban akhirnya adalah gunakan perasaan anda. Bisa digunakan untuk melekat terus seperti apa yg terjadi sampai sekarang, bisa juga digunakan untuk menyapu semuanya sehingga habis dan tidak dirasakan lagi. Seperti sapuan tsunami, habis tak bersisa.

T = Aplikasi pakai emosi / perasaan itu kayak gimana, terutama mengaplikasikan terhadap bagaimana menetralkan energi negatif yang kuat dari ibu saya?  

J = Kartu yg tercabut:

10 of Wands - 5 of Cups - 9 of Pentacles

Artinya pakai penalaran, logika, rasio, yaitu elemen udara yg tidak muncul ketika anda mencari-cari jawaban. Tidak muncul pula di tebaran tiga yg baru saya cabutkan untuk anda. Tidak muncul artinya tersembunyi. Tidak terlihat tetapi ada. Bisa menjadi penentu apabila anda mau gunakan. Anda bertanya bagaimana? Jawabnya adalah gunakanlah. Gunakan apa? Gunakan elemen udara atau kemampuan anda untuk berpikir dengan logis dan mengaplikasikannya. Aplikasi elemen udara berarti komunikasi. Bisa komunikasi antara anda dan diri anda sendiri. Bisa pula antara anda dan orang lain. Kalau pertanyaannya bagaimana menetralkan energi negatif, maka jawabannya adalah menggunakan kekuatan perasaan yg disalurkan lewat kemampuan berpikir dan komunikasi. Begitulah lengkapnya kalau anda urutkan dari atas.  

T = Apakah saya nanti akan bisa mendapatkan pasangan pria oriental?

J = Kartu yg tercabut:

4 of Cups - 5 of Pentacles - 6 of Pentacles

Artinya tidak.

(Leonardo Rimba Notes)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar