4 Sep 2013

Pentingnya Punya Ressellers

sumber : https://www.facebook.com/notes/koleksikikie-koleksikikie/pentingnya-punya-ressellers/241420386005107

Di bazar, sabtu kemarin.
“Kalung ini harganya berapa mbak”
“Yang itu 250.000 Ibu, batunya bagus… druzy, diiket sama kawat alumunium, rantainya juga dari batu”
“Waduh mbak mahal banget 150rb aja ya”
“Wah gak bisa bu, paling kalo turun juga 225.000 aja”
“Halah kawat-kawat gini aja kok mahal sih mbak mbak…”
“Ditaruh lagi aja ibu kalo harganya belum cocok, gak jadi dibeli ya gak papa”
Eaaa…. dan kaki saya pun sukses di-injek Gee, sahabat baik saya yang jaga pameran di stand poduk sepatu miliknya di sebelah.
Sabtu malam, masih di bazar yang sama.
“waaah ini buatan sendiri ya mbak… cantik-cantik sekali yaa”
“Iya ibu, ini kita buat sendiri… workshopnya ada di daerah Rungkut Bu”
“Perpaduan warnanya itu lho, bisa keliatan anggun, ini berapaan toh mbak”
“Harganya variatif yang bros besar ini semuanya Rp 40.000 yang kecil di sebelahnya Rp 20.000″
“Duhh saya itu seharian sudah belanja, ngeliat ini jadi pengen beli lagi”
“Dipilih dulu aja ibu, yang jelas punya aksesoris produk kita ini investasi bu… soalnya awet. Kalau ibu perhatikan semua manik kita pasang tanpa bantuan lem. jadi kalau permukaannya dipegang… gak goyang”
“Oh iya ya mbak… penitinya juga kuat nih gak uglak-uglik, saya pernah beli bros baguss… tapi penitinya gak mantep gitu lho, jadi brosnya kalo dipake agak njumpling”
“monggo dipilih-pilih dulu aja ibu… yang cocok yang mana”
“Ya sudah saya beli 3 aja mbak, yang besar dua sama kecil ini satu ya… sebenernya sih pengen beli yang besar ini juga lho mbak, tapi duitnya sudah ndak cukup”
“Oooo kalo gitu saya jadikan bonus aja ibu… semoga suka ya”
“Wahh beneran tho mbak, saya sueneng banget ini”
“Saya juga sueneng kalo brosnya dipake orang yang seneng sama buatan saya bu”
Lalu saat ibu itu berlalu, Yunita staff koleksikikie yang setia,
bertanya “Kita gak rugi mbak bonusnya itu?”
eh iya juga ya Yun…. huaaaaaaaaaa langsung stres
Lalu saat tiba di rumah, saya menyadari berkah luar biasa yang saya miliki.
 Alhamdulillah banget ya, Koleksikikie punya temen-temen resseller yang luar biasa, juga staf-staf yang mumpuni dalam membantu penjualan kami. Karena kalo yang bikin sendiri, disuruh jualan, persentase error-nya terbukti cukup tinggi. Lha gimana gak tinggi…. ditawar agak banyakan langsung marah (padal mungkin aja kalo dilayani lebih sabar itu pembeli potensial). Sebaliknya, disanjung-sanjung agak banyakan langsung deh lupa daratan…. (euforianya, bikin gak inget itung-itungan penjualan). Huaaaaaaa…

Jadi gimana cara mencari Resseller untuk produk kita Kie?

1. Permudah syarat dan peraturannya.

di Koleksikikie sendiri, kami tidak membuat peraturan yang rumit untuk teman-teman yang berminat menjualkan produk kami (sudah ada yang mau njualin aja syukur Alhamdulillah yaaaa, jadi sejatinya ya jangan dipersusah dengan banyak syarat dan peraturan)
Ambil 12 piece produk Koleksikikie langsung kita kasih potongan diskon 20 persen. Harga jual mau dinaikkan lagi silahkan, tapi kita juga memberikan pandangan bahwa terlalu mahal hanya akan berefek pada sedikitnya jumlah pembeli… Kalau tujuan dari menjual produk kita untuk kontinuitas, terus berkesinambungan beli… sebaiknya gak jauh dari harga yang ditetapkan. Tapi kalau resseler merasa produk tersebut unik, sehingga pembelinya akan sanggup membayar harga yang mahal untuk memiliki produk tersebut, kami persilahkan.

2. Berikan fasilitas pendukung untuk melariskan perdagangan

Banyak temen-temen Koleksikikie, pengen nyobain jualan bros… tapi gak punya banyak teman yang sering ditemui setiap hari. Heiii pasang foto dagangannya di sosial media aja, atau jadikan profile pict di berbagai chat program.
Tapi sayangnya gak semua orang bisa memotret benda-benda berukuran kecil.
Untuk itu, koleksikikie membantu membuatkan foto produk yang menarik bagi teman-teman yang berminat jadi resseller. Semakin laris jualan mereka, semakin laris juga saya =D

3. Fasilitasi produk dagangan dengan kemasan yang menarik

Kemasan produk yang menarik, akan membuat orang merasa percaya diri saat menawarkan produk kita. Kami memberikan kemasan kotak beludru pada bros-bros koleksikikie. Bagian tutupnya dipilih bahan mika transpaaran, agar calon pembeli bisa melihat dulu tanpa perlu repot-repot membuka semua kotak yang ada. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun sangat membantu dalam proses menjual kembali.

4. Beri Jaminan/Garansi yang saling menguntungkan

Dengan terbatasnya waktu yang kita miliki dan orang yang kita jumpai, memiliki resseler dalam jumlah banyak akan meningkatkan angka penjualan produk kita. Untuk itu perlu dibangun rasa saling percaya di antara produsen, yakni kami koleksikikie dengan teman-teman resseler. Kami sendiri melakukannya dengan cara :
  • Langsung mengirimkan barang yang dibeli resseler setelah tanda bukti transfer terkirim. Ngapain di pending lama-lama… yakinlah my prend semakin cepet kirim, semakin cepat orangnya order lagi (eaaa optimiss abiss).
  • Mengemas paket berisi bros dengan packaging yang kuat dan rapi, agar kondisi produk saat diterima juga bagus. Lha gimana kalo misalnya pas paket nyampe ada yang pecah kie? selama resseler langsung klaim saat benda diterima, dan bisa mengirimkan bukti kerusakannya melalui foto, kita akan ganti dengan produk baru, atau mengembalikan uang pembayaran yang telah diterima.
  • Dan kalaupun barang diterima dalam kondisi baik-baik saja, namun pembeli merasa itu tidak sesuai dengan yang mereka order (warna juga modelnya ataupun mungkin bayangan mereka) Maka selama klaim dilakukan segera setelah paket diterima, kami akan kembalikan uang pembayaran atas barang tersebut.
  • Koleksikikie juga melayani permintaan dropship, langsung mengirimkan barang ke alamat pembeli dan mencantumkan nama resseler pada bagian pengirim. Sehingga resseler kami tidak perlu repot-repot lagi packing barang dan mengirimkannya ke jasa pengiriman barang. Kami akan membantu melakukannya untuk mereka.
  • Jadi kalau temen-temen sudah mulai merintis usaha aksesoris juga, atau mungkin usaha lainnya. Cobalah untuk mulai mencari lebih banyak resseller, untuk meningkatkan penjualan kita. Insyaallah yaaa… semakin banyak produk kita dapat memberi manfaat kepada lebih banyak orang, akan lebih sejahtera juga kita. Selain itu, dengan semakin banyak yang pake produk koleksikikie… semoga-smoga sih kita juga jadi makin beken… Haiyaaahhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar